Minggu, 01 Juli 2012

Tanggung Jawab Tak Mudah untuk Diwujudkan



          Kesadaran akan sikap serta tingkah laku bukanlah hal yang mudah dikontrol. Banyak tantangan berat untuk mewujudkan itu semua, apalagi bagi mereka yang memiliki harta dan tahta. Di negara kita ini saja banyak orang yang lupa terhadap tanggung jawab yang mereka emban sebelum mereka menjadi orang yang besar.
          Tanggung jawab bukan hanya terhadap diri sendiri, melainkan tanggung jawab terhadap keluarga dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Jika semua itu terwujud maka semua lapisan masyarakat akan merasakan dampak positifnya, tidak ada lagi orang yang merasa kecewa dan sengsara.
          Adanya pengorbanan dan pengabdian merupakan wujud tanggung jawab terhadap sesuatu yang ia yakini. Begitu pula dengan saya, sebagai seorang pelajar tanggung jawab saya adalah belajar dengan sungguh- sungguh, sebagai seorang anak tanggung jawab saya adalah berbakti dan membahagiakan orang tua dan sebagi masyarakat saya memiliki tanggung jawab untuk menjaga ketentraman dan keamanan lingkungan dengan tidak membuat kegaduhan.
          Rasa tanggung jawab haruslah dipupuk sejak usia dini, agar jika dewasa kelak ia tidak melakukan hal- hal yang sepatutnya tidak perlu untuk dilakukan. Andai saja para pemimpin di negeri ini sadar akan peran mereka yang memiliki tanggung jawab begitu besar dan hidup orang banyak ada ditangan mereka, mungkin negeri ini akan menjadi lebih baik lagi. Tidak seperti sekarang, dimana- mana serba kekurangan dan kesengsaraan.
          Semoga saja dengan potret kehidupan saat ini, akan lahir sosok pemimpin yang mampu memperbaiki keaadaan. Well buat generasi penerus seperti saya dan teman- teman mulai lah sadari apa yang harus dilakukan dan mewujudkan segala sesuatunya dengan penuh rasa kesadaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar