Minggu, 07 Oktober 2012

Hubungan antara Organisasi, Manajemen dan Tata Kerja


Dalam suatu organisasi yang baik tentulah perlu adanya manejemen yang baik di dalamnya. Manjemen merupakan alat atau sarana untuk sebuah organisasi mencapai tujuan bersama. Dari fungsi manajemen yang telah ada maka terbentuklah tata kerja. Tata kerja sendiri merupakan  pembentukan sebuah strutur kerja yang disusun dengan membentuk badan utama yang bertugas membuat sekat-sekat bagian dari sebuah organisasi atau anggota kelompok. Merka semua saling memiliki kaitan dan hubungan yang erat,  jika salah satu komponen tersebut tidak sinkron maka tidak akan tercapai tujuan yang telah di cita-citakan.
Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau metode adalah satu cara bagaimana (how) agar sumber – sumber dan waktu yang tersedia dan amat diperlukan dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula. Dengan tata kerja yang tepat mengandung arti bahwa proses kegiatan pencapaian tujuan sudah dilakukan secara ilmiah dan praktis, disamping itu pemakaian tata kerja yang tepat pada pokoknya ditujukan untuk :
a) Menghindari terjadinya pemborosan di dalam penyalahgunaan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
b) Menghindari kemacetan-kemacetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan.
c) Menjamin adanya pembagian kerja, waktu dan koordinasi yang tepat.

Jadi hubungan antara manajemen dan tata kerja dapat dilukiskan seperti dibawah ini :
Manajemen : Menjelaskan perlunya ada proses kegiatan dan pendayagunaan sumber-sumber serta waktu sebagai faktor-faktor yang diperlukan untuk pelaksanaan kegiatan demi tercapainya tujuan.
Tata Kerja : Menjelaskan bagaimana proses kegiatan itu harus dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.
Keterkaitan anatara Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
a) Manajemen : Proses kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama antar manusia.
b) Organisasi : Sarana bagi pencapaian tujuan tersebut dan alat bagi pengelompokkan kerjasama.
c) Tata kerja : Pola cara-cara bagaimana kegiatan dan kerjasama tersebut harus dilaksanakan sehingga tujuan tercapai secara efisien.
Kesimpulan :
Antara organisasi, manjemen dan tata kerja memiliki hubungan keterkaitan antara satu sama lain, komponen- komponen tersebut saling melengkapi agar tercapai tujuan bersama. Organisasi merupakan wadah, manejemen adalah pengatur dan penggerak dan tata kerja merupakan pola yang dgunakan, itulah pembentuk suatu organisasi yang baik.
Manfaat Teori Umum Organisasi
Pengetahuan tentang teori organisasi umum sangatlah penting bagi mahasiswa jurusan sistem informasi maupun jurusan lain sekailipun. Dalam ilmu ini setiap individu akan mendapat pengatahuan tentang bagaimana membentuk suatu organisasi yang baik dan berguna di lingkungan masyarkat. Apalagi manusia merupakan mahluk yang saling berketergantungan dan bekerjasama dengan orang lain. Maka perlu lah hal- hal dasar dalam pembentukan organisasi dipelajari dan dipahami serta mampu diterapkan oleh masing- masinng individu.
id.wikipedia.org/wiki/Koperasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar